Assalamu'alaykum, selamat datang di blog sederhana saya, selamat membaca! silahkan berkomentar & tinggalkan link anda untuk di kunjungi, terima kasih

Monday, 20 April 2009

Hutan Wisata Mata Kucing, Asset Kota Batam

Image and video hosting by TinyPic
Lokasinya berada di antara Batu Aji -Sekupang, jika ingin mengadakan perjalanan ke Muka Kuning dan melewati Batu Aji, maka akan melewati Hutan Mata Kucing, atau jika ingin ke Nagoya tapi juga melewati daerah Sekupang maka juga akan melewati hutan Mata Kucing, (halah muter-muter :p ) , hutan ini masih asri memang sudah terjamah oleh tangan manusia, namun pertumbuhan marga satwa di sana masih terpelihara. Jangankan masuk di dalam nya , hanya melewati hutan tersebut akan di rasakan hawa yang teramat sejuk. inilah fungsi Hutan sebagai paru-paru dunia, tanggung jawab kitalah sebagai pencinta lingkungan untuk terus menjaganya agar kekayaan alam ini tetap terpelihara.

Hari Minggu atau hari-hari libur, adalah hari yang membuat hutan tersebut sebagai tempat wisata di Batam di banjiri pengunjung, baik warga sekitar maupun warga yang tinggal jauh dari lokasi, hanya dengan membayar uang masuk Rp. 10.000 per orang dewasa, Rp. 5.000,- per anak kecil , Rp.1.000,- untuk parkir motor dan Rp. 2.000,- untuk parkir mobil, anda bisa menikmati pemandangan yang di sediakan dan sudah di tata apik oleh Pengelola hutan tersebut.

Ada apa sich di Hutan Wisata Mata Kucing?Justify Full
Image and video hosting by TinyPic
Sebagai hutan wisata tentu saja di dalamnya telah di tata sebagaimana mestinya, setiap jalan setapak yang menghubungkan tempat satu dengan yang lainya selalu di hiasi oleh tanaman dan bunga, dan tentu saja di payungi oleh pohon rimbun yang menjulang, di jamin tak akan ada hawa panas yang menyerang dech ;)

Sedikit gambaran umum tentang isi Hutan Mata Kucing adalah adanya gazebo, kolam pancing, kolam ikan, junggle track, taman rekreasi, outbond , mini zoo, goa mata dan kolam renang.

Tentang mini zoo, ketika memasuki hutan wisatra tersebut kita akan di sambut oleh adanya berbagai macam binatang , biasanya ini di jadikan taman wisata dan belajar untuk para siswa guna mengenal dan mencintai lingkungan dan segala macam yang ada di dalamnya

Elang Bondol / Brimine Kite
Image and video hosting by TinyPic
Dengan bulu yang di dominasi warna cokelat, kecuali leher dan ujung sayap yang berwarna putih serta warna hitam pada bagian ekornya , memiliki paruh tajam dan bengkok , cakar yang kuat serta mata yang tajam yang berfungsi untuk melihat ikan sebagai makanannya . Biasa hidup di pantai , aktivitasnya banyak di siang hari , hewan ini di lindungi dan merupakan maskot DKI jakarta.

Siamang
Image and video hosting by TinyPic
Tubuhnya lebih besar dari monyet, memliki bulu warna cokelat dan sedikit agak kasar, matanya bulat besar serta memiliki tangan dan kaki yang panjang, makanannya adalah buah dan sayuran , suara besar dan nyaring , aktivitasnya banyak di siang hari dan termasuk hewan yang di lindungi

Perkutut
Image and video hosting by TinyPic
Hewan ini badannya kecil dengan memiliki bulu yang menarik. dengan suara yang khas maka banyak di jadikan sebagai hewan peliharaan. makanannya jagung, bulir padi dan rumput-rumputan dengan aktivitasnya kebanyakan di siang hari.

selain sedikit hewan yang di gambarkan di atas masih banyak lagi lho hewan-hewan yang ada di Hutan Wisata Mata Kucing ;) , sangat berharga untuk di ketahui oleh masyarakat pada umumnya apalagi anda sang pecinta lingkungan.

Saya berharap pemerintah mau mengembangkan hutan wisata mata kucing, menambah koleksi binatang sehingga tidak lagi di sebut mini zoo lagi pada masa mendatang, meski hanya mengunjungi beberapa tempat saja dari bagian hutan tersebut saya sudah merasakan keindahan yang sangat luar biasa, jadi masih ada beberapa tempat darin hutan tersebut yang belum saya kunjungi, mungkin akan saya ceritakan di edisi mendatang setelah saya berkunjung kembali ke sana. So............. see u at Mata kucing ;)
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik. (QS, Luqman:10)

3 comments:

  1. makasih informasi tenang Mata Kucingnya, mudah2an suatu hari nanti bisa berwisata kesana.

    Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

    ReplyDelete
  2. sukses untuk kota Batam, mudah2an suatu hari nanti bisa berwisata ke Mata Kucing juga :)

    Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

    ReplyDelete